Sakit Lutut di Usia 40-an

Belum usia lanjut tapi anda sudah sering sakit lutut persis seperti orangtua anda? Lutut sakit saat anda menekuk lutut seperti naik turun tangga, duduk saat sholat atau saat jongkok? Lutut anda bunyi ‘krek’ atau ‘bletuk’ saat ditekuk dan diluruskan?

Ada suatu kelainan yang disebut Chondromalacia Patella, artinya tulang rawan tempurung lutut mengalami kerusakan. Tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan mengalami penipisan dan retak mengakibatkan sakit lutut, terutama saat menekuk lutut.

Walau sama-sama lutut sakit akibat kerusakan tulang rawan sendi, chondromalacia patella berbeda dengan OA lutut (Osteoarthritis lutut) yang terjadi karena penuaan.

Chondromalacia patella dapat terjadi pada usia 15-60 tahun, paling sering di usia sekitar 40-an, dibanding OA lutut yang pada usia tua. Biasanya wanita lebih sering terkena daripada pria.

Penyebab sakit lutut jenis ini adalah posisi tulang tempurung lutut yang tidak pas, misalnya terlalu miring atau terlalu tinggi, serta kualitas atau ketebalan tulang rawan lutut,  akibat bawaan lahir.

Ditambah lagi bertambahnya berat badan, berubahnya posisi tulang panggul setelah melahirkan, atau kebiasaan sehari-hari seperti sering menekuk lutut saat olahraga dan naik-turun tangga.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah diperiksa oleh dokter yang tepat. Dokter akan memeriksa fisik dan jika perlu melakukan pemeriksaan tambahan berupa x-ray atau USG.

USG (ultrasonografi) dapat melihat adanya bengkak pada lutut karena produksi cairan berlebih, ketebalan tulang rawan, serta adanya kelainan lain seperti tali kantung sendi bawaan lahir.

Sakit lutut akibat Chondromalacia patella tidak sembuh dengan hanya minum obat nyeri saja. Perlu latihan otot agar posisi tulang tempurung lutut tidak terlalu miring ke sisi luar, dengan cara menguatkan otot sisi dalam paha dan meregangkan otot-otot seputar paha dan bokong.

Pertama kali latihan harus dipandu fisioterapis, baru kemudian dilajutkan latihan sendiri setiap hari di rumah. Tidak bisa hanya dengan melihat gambar di internet atau video di youtube.

Pada sakit lutut jenis ini, dapat juga menggunakan plester khusus atau knee brace untuk perbaiki posisi tempurung lutut. Jika ada obesitas atau berat badan yang berlebih, harus dikurangi.

Olahraga sehari-hari harus menghindari gerakan lunge dan jongkok. Juga hindari latihan gerakan ektensi lutut dengan beban atau alat khusus di fitness center.

Lutut sakit akibat tulang rawan yang menipis dan rusak dapat dilakukan injeksi regeneratif sendi atau PROLOTERAPI. Injeksi PROLOTERAPI memicu radang ringan untuk memulai proses pertumbuhan kembali jaringan otot-sendi yang rusak.

Jika anda merasa belum tua tetapi sudah menderita sakit lutut, periksakan ke dokter yang tepat. Chondromalacia patella adalah salah satu penyebab lutut sakit yang cukup sering pada usia muda sampai pertengahan.

Dapatkan diagnosa yang akurat serta pengobatan yang komprehensif dari dokter anda, termasuk injeksi regeneratif sendi atau PROLOTERAPI.





Situs lain yang berguna untuk anda:


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga

Klinik Utama HALMAHERA MEDIKA
Jl. Halmahera no. 2 Bandung

Appointment konsultasi:
Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808