Sakit Lutut pada Anak Remaja yang Sedang Tumbuh

Pada anak remaja sering terjadi sakit lutut saat berlari, melompat atau saat berlutut menekan lantai yang keras. Bisa disertai tumbuh tonjolan di tulang tungkai dekat lutut. Sakit lutut seperti ini disebut penyakit Osgood-Schlatter.

Pada anak remaja yang sedang tumbuh, tulang tungkai (tibia) bagian atas dekat lutut terdapat lempeng pertumbuhan. Lempeng pertumbuhan ini lunak dan pada bagian ini menempel urat (tendo) otot paha depan. Pada anak yang sering berlari dan melompat, otot paha depan akan menarik bagian lempeng pertumbuhan, sehingga timbul sakit lutut disertai tonjolan di bagian bawah.

Sakit lutut pada anak karena penyakit Osgood-Schlatter ini dapat dipakaikan strap khusus yang melindungi tonjolan tulang dari benturan dan mengurangi tarikan tendo otot. Kemudian diberikan latihan otot yang bertujuan menambah kelenturan otot paha depan (otot kuadrisep) serta menormalkan rasio kekuatan otot paha depan dan otot paha belakang (hamstring) sehingga mengurangi tarikan di lempeng pertumbuhan.

Tendo patella (urat tulang tempurung lutut) mengalami kerusakan (tendinosis, bukan radang), menjadi lemah dan membuat lutut tambah sakit. Tendo patella yag rusak ini diobat dengan injeksi regeneratif sendi atau PROLOTERAPI. Injeksi PROLOTERAPI memicu radang ringan untuk memulai  proses pertumbuhan jaringan tendo yang rusak.





Situs lain yang berguna untuk anda:


dr. Aditya Wahyudi, SpKFR
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi
Ahli Otot-Sendi & Cedera Olahraga

Klinik Utama HALMAHERA MEDIKA
Jl. Halmahera no. 2 Bandung

Appointment konsultasi:
Telp 022-4269-0156 atau WA 0817-6040-808